Analisis Perancangan Sistem dalam buku Rekayasa Perangat Lunak 2 oleh Roger S. Pressman



28.2 Jelaskan perbedaan antara “risiko yang diketahui” dan “risiko yang dapat diprediksi”.
         Jawab :
 “Risiko yang diketahui adalah risiko yang dapat ditemukan setelah dilakukan evaluasi secara hati-hati terhadap rencana proyek, bisnis dan lingkungan teknis tempat proyek ini sedang dijalankan, dan sumber informasi lainnya yang dapat diandalkan (misalya, tanggal pengiriman yang tidak realistis, kurangnya dokumentasi kebutuhan atau ruang lingkup perangkat lunak, lingkungan pengembangan yang buruk)”, sedangkan risiko yang dapat dipredikisi adalah ekstrapolasi pengalaman proyek masa lalu (misalnya, turnover staf, komunikasi yang buruk dengan pelanggan, melemahnya upaya staf ketika permintaan perawatan dilayani).

28.4 Anda diminta untuk membangun perangkat luna untu mendukung video editing murah. Sistem menerima video digital sebagai masukan, menyimpan video pada disk, dan kemudian memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai macam suntingan ke video digital. Hasilnya kemudian dapat menjadi keluaran ke DVD atau media lainnya. Lakukan penelitian kecil pada sistem jenis ini, kemudian buatlah daftar risiko teknologi yang akan Anda hadapi ketika memulai proyek jenis ini.
Jawab :
Video editing murah
-          Risiko proyek mengancam rencana proyek artinya jika risiko proyek menjadi nyata, kemungkinan jadwal proyek akan meleset dan biaya akan meningkat. Risiko proyek mengindentifikasi potensi anggaran, jadwal, personel (staf dan organisasi), sumber daya, stakeholder, dan masalah kebutuhan serta dampaknya terhadap proyek perangkat lunak. Dalam bab 26, Kompleksitas proyek, ukuran dan tingkat ketidakpastian structural juga didefinisikan sebagai factor-faktor risiko  proyek (danestimasi).
-          Risiko teknis mengancam kualitas dan ketepatan waktu perangkat lunak yang akan dihasilkan. Jika resiko teknis menjadi kenyataan, implementasinya mungkin menjadi sulit atau tidak mungkin. Resiko teknis mengidentifikasi rancangan itu, ambiguitas spesifikasi, ketidakpastian teknis, ketertinggalan secara teknis, dan teknologi “canggih” juga adalah factor risiko. Risiko teknis terjadi karena masalah lebih sulit untuk dipecahkan dari perkiraan yang anda pikirkan.
-          Risiko Bisnis mengancam kelangsungan hidup perangkat lunak yang akan dibangun dan sering membahayakan proye kata produk. Kandidat lima risiko bisnis teratas antara lain:
(1)    Membuat produk atau system hebat yang takseorang pun membutuhkannya (risiko pasar),
(2)    Membuat produk yang tidak cocok lagi dengan keseluruhan strategi bisnis bagi perusahaan (risiko strategis),
(3)    Membuat sebuah produk yang tidak dipahami oleh tim penjual bagaimana cara menjualnya (risiko penjualan),
(4)    Kehilangan dukungan dari manajemen senior yang disebabkan oleh perubahan dalam focus atau perubahaan pada orang (manajemen risiko), dan
(5) Kehilangan komitmen anggaran atau personel (risiko anggaran). Hal ini sangat penting untuk dicatat bahwa kategorisasi risiko yang sederhana tidak akan selalu bekerja. Beberapa risiko tidak dapat diprediksi sebelumnya.
-          Risiko yang diketahui adalah risiko yang dapat ditemukan setelah dilakukan evaluasi secara hati-hati terhadap rencana proyek, bisnis dan lingkungan teknis tempat proyek ini sedang dijalankan, dan sumber informasi lainnya yang dapat diandalkan (misalnya, tanggal pengiriman yang tidak realistis, kurangnya dokumentasi kebutuhan atau ruang lingkup perangkat lunak, lingkungan pengembangan yang buruk).
-          Risiko yang dapat diprediksi adalah ekstra polasi pengalaman proyek masalalu (misalnya, turnover staf, komunikasi yang buruk dengan pelanggan, melemahnya upaya staf ketika permintaan perawatan dilayani).
-          Risiko yang tak dapat diprediksi ibarat kartu-kartu joker yang berada di meja taruhan. Mereka bias dan pasti terjadi, tetapi sangat sulit untuk mengidentifikasinya di awal.

 

Risiko Proyek
Risiko Teknis
Risiko Bisnis
Risiko Yang Diketahui
Risiko Yang Dapat Diprediksi
Risiko Yang Tidak Dapat Diprediksi
-     Jadwal Meleset
-     Ada Staff Sakit
-     Komputer Mengalami Gangguan
-     Perangkat lunak tidak sesuai dengan yang diharapkan

-     Fitur-fitur dalam perangkat lunak masih kurang
-     Terjadi miss komunikasi dengan sesame anggota tim yang lain
-     Mati Lampu

 
28.5  Anda adalah manajer proyek untuk sebuah perusahaan perangkat lunak yang besar. Anda telah diminta untuk memimpin tim yang sedang mengembangkan perangkat lunak pengolah kata “generasi berikutnya”. Buatlah tabel risiko untuk proyek.
            Jawab :
PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA ‘GENERASI BERIKUTNYA’
Tabel Risiko untuk Proyek
Risiko
Kategori
Probabilitas
Dampak
Perangkat lunak tak seperti yang   diharapkan
RT
30%
1
Sumber dana dihentikan oleh pelanggan
RB
50%
1
Pelanggan mengubah kebutuhan
RP
75%
2
Staf kurang berpengalaman
RP
40%
2
Terjadi kesalahan komunikasi dengan pelanggan
RB
60%
1
Pengguna tidak puas dengan perangkat lunak yang dibuat
RT
35%
2
Jumlah tim dalam proyek kurang memadai
RP
25%
3
Fitur-fitur dirasa kurang menarik oleh konsumen
RB
30%
3
Staf berhenti dari pekerjaan
RP
20%
3
Terjadi pergantian staf
RP
30%
3

Kategori :                                                                                   Nilai Dampak :
-          RT : Resio Teknis                                                            1. Bencana
-          RB : Resiko Bisnis                                                           2. Kritis
-          RP : Risiko Proyek                                                          3. Kecil


28.6    Jelaskan perbedaan antara komponen risiko dan faktor penggerak risiko
Jawab : Komponen-komponen risiko itu mengacu kepada risiko perangkat lunak seperti risiko kinerja, risiko bahaya, risiko dukungan dan risiko jadwal. Sedangkan faktor pendorong risiko itu yang mempengaruhi komponen-komponen risiko perangkat lunak.

28.7    Buatlah strategi mitigasi risiko dan kegiatan mitigasi risiko spesifik untu 3 dari risiko yang dicatat didalam gambar 28.2
Jawab :
Strategi mitigasi risiko dan kegiatan mitigasi risiko
1.       Pelanggan akan mengubah kebutuhannya
·         Bertemu dengan pelanggan dan membicarakan untuk tidak mengubah ukuran.
·         Menandatangani kontrak bahwa kebutuhan tidak akan diubah.
·         Setelah poyek dimulai, mengatur waktu pertemuan dengan pelanggan agar pelanggan tahu sejuh mana proyek berjalan.
2.        Pergantian staf akan tinggi
·          Menetapkan anggota staf cadangan
·         Memberitahukan hal-hal yg diminta oleh pelanggan kepada staf
·         Memberi pelatihan kepada staf tentang perangkat lunak yang akan dibuat
·         Mengatur tim proyek sehingga informasi dapat terbagi secara merata.
3.      Teknologi tak akan memenuhi harapan.
·         Melakukan pengamatan tentang perangkat lunak yang disukai konsumen
·         Berdiskusi dengan tim mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat perangkat lunak yang dibutuhkan.
·         Mencari referensi mengenai perangkat lunak yang dibutuhkan konsumen
28.8    Buatlah strategi pemantauan risiko dan kegiatan pemantauan risiko spesifik untuk tiga dari risiko yang dicatat dalam gambar 28.2.  pastikan untuk mengidentifikasi factor-faktor yang akan anda pantau untuk menentukan apakah risiko ini mungkin menjadi lebih atau kurang.
Strategi pemantauan dan kegiatan pemantauan risiko
1.      Pelanggan mengubah kebutuhannya
·         Banyak saran yang diterima dari konsumen mengenai fitur-fitur yang ada
·         kebutuhan sebelumnya dirasa kurang menarik
·         Banyak factor dari luar yang mempengaruhi pemikiran pelanggan
2.      Pergantian staff akan tinggi
·         Kerja sama tim dalam proyek
·         Hubungan interpersonal diantara anggota tim
·         Kurangnya pengalaman staff dalam proyek yang dibuat
3.      Pengguna akhir menolak system
·         Fitur-fitur tidak memuaskan pengguna
·         Ada perangkat lunak yang dirasa jauh lebih menarik dari yang dibuat
·         Harga yang diberikan dirasa terlalu mahal
28.9    Buatlah strategi manajemen risiko dan aktivitas manajemen risiko spesifik untuk tiga risiko yang dicatat dalam gambar 28.2.
Startegi manajemen risiko dan aktivitas manajemen risiko dan aktivitas manajemen risiko spesifik
1.      Kurangnya pengalaman staff
·         Memberi pelatihan bagi staff-staff yang termasuk dalam tim proyek
2.    Pergantian staf akan tinggi
·         Memakai tim cadangan yang telah dipersiapkan sebelumnya
·         Memfokuskan kerja pada tim yang ada
3.      Sumber pembiayaan akan hilang
·         Melakukan pertemuan dengan pemberi dana dan melakukan negosiasi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teknologi Java SWING dan AWT

Pengaruh Lingkungan Terhadap Teknik Sipil

Ora Beach